Senin, 16 Mei 2016

Cara Melakukan Penjumlahan Data Dengan Kriteria Tertentu di Excel

Seorang teman lama, sebut saja dia mawar, lagi bingung mikirin gimana cara agar report yang sedang dia kerjakan cepat selesai. Saya sendiri agak kurang yakin dia niat mikir beneran atau nggak karena ujung-ujungnya malah saya yang disuruh mikir.

Pertama saya dikasih data kira-kira seperti ini.


Dari tabel tersebut dapat kita simpulkan bahwa nasabah perusahaan tempat mawar bekerja adalah rider-rider papan atas motogp.

Oke.... Selanjutnya dari data tersebut jika nama nasabahnya sama maka saldonya akan dijumlahkan. Setelah itu data diurutkan dari pemilik saldo terbanyak sampai ke yang paling sedikit.

Untuk menyelesaikan permasalahan si mawar yang pertama harus dilakukan adalah mengcopy data nama nasabah ke tabel baru. Tujuannya adalah mendapatkan list nama-nama nasabah tanpa duplikasi.
Klik data di menu Excel. Di bagian Sort & Filter pilih Advanced.


Kemudian Pilih Copy to another location. List range isi dengan range data nama termasuk headernya. Copy to isi dengan cell tujuan. Tandai Unique records only.


Hasilnya seperti gambar di bawah ini.


Selanjutnya kita akan menjumlahkan saldo yang dimiliki masing-masing nasabah. Cara ngitungnya bisa menggunakan kalkulator, oret-oret di kertas, atau tanya temen. Tapi karena kita mengerjakannya di Excel dan bukan di mesin tik maka kita akan menggunakan rumus SUMIF.

Rumus SUMIF:

=SUMIF(range, criteria, [sum_range])


Fungsi rumus SUMIF adalah untuk menjumlahkan data dengan kriteria tertentu. Jika kita terapkan untuk menjumlahkan saldo yang dimiliki masing nasabah maka bentuk rumusnya seperti ini:

=SUMIF($A$2:$A$11, D2, $B$2:$B$11)

Ket:
$A$2:$A$11 : range nama nasabah
D2 : cell yang menjadi kriteria penjumlahan
$B$2:$B$11 : range data yang akan dijumlahkan

Ketik rumus tesebut di cell E2


Muncul total saldo Bang Rossi.


Tinggal di drag sampai ke bawah untuk memunculkan total saldo nasabah lainnya.


Selanjutnya mengurutkan data di tabel kedua dari nama dengan saldo terbanyak sampai ke yang paling dikit.
Klik Nama di tabel kedua, kemudian klik Data di menu Excel. Di bagian Sort & Filter klik Sort.


Sort by isi dengan Saldo, Sort On isi dengan Values, Order isi dengan Largest to Smallest.


Selesai.... Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar